Seni dan budaya merupakan dua hal penting yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Salah satu kesenian yang hingga saat ini masih terus dilestarikan dan menjadi hiburan masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan adalah Ludruk. Ludruk adalah kesenian rakyat yang berasal dari Jawa Timur dan sudah dikenal luas di berbagai wilayah Indonesia.

Ludruk sendiri merupakan salah satu kesenian yang termasuk ke dalam jenis seni drama. Pasalnya, dalam penampilannya menceritakan sebuah kisah yang menggambarkan tentang kehidupan serta watak melalui tingkah laku atau lebih sering kita sebut sebagai acting.

Selain itu, kesenian ini termasuk dalam kesenian drama karena memiliki beberapa ciri-ciri tertentu. Pertama, mengisahkan sebuah cerita, bertujuan untuk dipentaskan, serta terdapat dialog.

Ludruk Adalah Kesenian Jenis Drama dengan Tarian dan Musik yang Khas

youtube. com

Ludruk Adalah Kesenian Jenis Drama

Dengan kata lain, Ludruk merupakan kesenian rakyat berbentuk sandiwara yang berasal dari Jawa Timur. Ketika kesenian ini dipentaskan, segenap pemain akan berdialog, bernyanyi sambil menari.

Selain itu, kesenian rakyat ini memiliki beberapa fakta yang jarak masyarakat Indonesia ketahui. Apa sajakah itu? Berikut ini pemaparannya.

Dalam Pementasannya Menggunakan Bahasa Jawa

Dalam pementasan Ludruk ini, menggunakan kostum yang menggambarkan kehidupan rakyat sehari-hari. Bahasa yang digunakan dalam pementasan kesenian ini pun adalah bahasa Jawa.

Bahkan, dalam beberapa pementasan, bahasa yang digunakan adalah bahasa Madura. Kemudian dikemas dengan sangat sederhana sehingga terlihat sangat akrab bagi para penonton yang menyaksikannya.

Meskipun menggunakan bahasa Jawa atau Madura, akan tetapi cerita yang para pemain Ludruk lontarkan mudah untuk masyarakat luar Jawa mengerti. Pasalnya, para pemain tidak hanya mengandalkan cerita atau dialog saja, akan tetapi juga dalam gerakan.

Memiliki Lagu yang Khas

Ludruk adalah kesenian yang memiliki lagu khasnya sendiri saat pementasannya. Penampilan para pemain Ludruk ini akan mendapatkan iringan musik gamelan.

Selain itu, juga ada sebuah lagu yang berjudul Kidung Jula Juli yang memiliki lirik sangat lucu. Tak jarang, musik tersebut membuat para penontonnya tertawa.

Salah seorang seniman yang sangat populer menyanyikan Kidung Jula Juli dalam kesenian Ludruk ini adalah Kartolo. Seniman tersebut menyiratkan pesan pada setiap Kidung Jula Juli yang ia bawakan. Sehingga, segenap penonton bisa menikmati setiap pementasannya.

Memiliki Tari Pengantar Pertunjukkan Ludruk

Selain memiliki musik yang khas, Ludruk juga memiliki tari pengantar pertunjukkan yang dikenal sebagai Tari Remo. Tari Remo ini memiliki gerakan yang sangat indah.

Selain itu, mampu menggambarkan seorang yang gagah serta rupawan dengan rias wajah dan busana menarik. Penampilan Tari Remo ini mendapatkan iringan dengan musik gamelan yang sangat sesuai.

Ludruk adalah kesenian rakyat yang memiliki kesan mendalam. Tentunya demi kelestarian kesenian ini, para generasi muda perlu berpartisipasi secara penuh dan aktif.